Toyota Yaris Kebanjiran

Pengalaman Toyota Yaris Kebanjiran Bannya Macet

Hujan di Jakarta hari ini (1/1/2020) menimbulkan banjir di beberapa kawasan. Malah kalau lihat berita, banjir di momen tahun baru ini tergolong parah. Saya juga lihat banyak mobil kena genangan. Nah, kejadian ini bikin saya ingat pengalaman mobil pribadi Toyota Yaris kebanjiran sampai gak bisa jalan.

Harus saya akui banjir yang waktu itu dihadapi memang gak seberapa parah. Tapi walau basahnya gak seberapa, repotnya luar biasa. Karena mobil jadi gak bisa jalan sama sekali. Bingung kan jadinya…

Jadi begini ceritanya… Sore itu istri nyetir sendirian sepulang dari tempat kerjanya. Kondisi cuaca memang lagi hujan deras. Singkat cerita, untungnya istri sampai di rumah dengan selamat. Dia cuma cerita tadi di jalan melewati genangan air depan komplek. Saya gak ambil pusing. Karena di benak saya cuma genangan doang sih gak masalah.

Malam itu kami berdua istirahat berdua, pakai selimut, hujan-hujan… Buat yang udah nikah pasti tau deh rasanya. Hehehe…

Nah, malapetaka baru ketahuan besok paginya. Saat mesin mobil dinyalakan memang gak ada masalah sama sekali. Tapi waktu mau jalan, rem tangan dilepas, injak gas… Eh, mobil gak mau jalan. Ban kayak ada yang mengganjal. Padahal waktu diintip ke kolong mobil gak ada batu, balok, atau semacamnya yang bisa mengganjal ban mobil.

Karena penasaran, saya coba kembali ke balik kemudi. Saya injak gas lebih dalam, tapi hasilnya sama aja. Sedikit ngomongin teknis, Yaris merupakan mobil dengan penggerak roda depan. Jadi ban depannya yang berputar ketika digas. Ketika saya injak gas makin dalam maka ban depannya nampak berputar di tempat tapi mobil gak ke mana-mana.

Dari situ udah ketahuan yang macet adalah ban belakang. Punya usut, rupanya setelah melewati genangan air semalam, mobil direm tangan. Wajarlah, tarik rem tangan rasanya udah jadi hal yang natural dilakukan seorang pengemudi ketika parkir mobilnya.

Walau rupanya punya dampak buruk kalau mobil habis ngelewati banjir atau genangan. Karena hal itu bikin rem menempel dalam kondisi basah. Cukup dibiarkan semalam maka muncul karat yang membuat komponen-komponennya melekat. Ini penyebabnya ban jadi macet.

Saya sempat mendatangi mekanik di bengkel langganan dekat rumah. Saya ceritakan kondisinya. Solusi dia sih tinggal hentak aja gasnya. Beberapa teman saya yang pernah mengalami hal serupa juga bisa selesai dengan cara demikian. Permasalahan buat saya adalah garasi yang sempit. Depan mobil langsung tembok dan belakang langsung ketemu pagar. Saya khawatir kalau saya hentak, mobil loncat dan menimbulkan kerugian lebih besar.

Jadi mau gak mau deh ban dan rem dibongkar. Proses ini juga jadi masalah karena tembok samping garasi saya mepet banget sama body mobil. Hahahaha…

Tapi untungnya semua bisa dilakukan. Setelah ban dan remnya dicopot, dibersihkan karat-karatnya, pasang lagi, kemudian mobil bisa jalan dengan normal. Pelajaran dari pengalaman Toyota Yaris kebanjiran ini adalah jangan rem tangan mobil setelah menerabas genangan air. Bisa-bisa bannya ngunci. Kan jadi ribet kalau harus bongkar ban. Untungnya gak mesti bongkar tabungan.

Leave a Reply