Hari Pertama Masuk Kerja

5 Tipe Karyawan di Hari Pertama Masuk Kerja

Katanya, dalam hidup ini bakal selalu ada yang pertama. Termasuk pertama kalinya menjalani hari di kantor yang baru. Menurut pengamatan saya yang sangat ilmiah, ada beberapa tipe karyawan di hari pertama masuk kerja. Dan itu aneh-aneh.

Buat saya sendiri, hari pertama masuk kerja rasanya mirip dengan hari pertama masuk sekolah dulu. Ada perasaan semangat karena mau ketemu teman-teman atau gebetan, tapi ada malesnya juga karena harus belajar.

Saya sendiri udah menjalani status sebagai karyawan kantoran kira-kira sejak 2011. Mulai dari kerja di perusahaan asuransi, media massa, ahensi, hingga start up. Pengalaman hari pertama saya ngantor di tempat baru juga bermacam-macam. Ada yang berjalan mulus, ada juga yang sebaliknya.

Pernah suatu saat saya mendapat ajakan mabuk di hari pertama kerja. Bodohnya, saya menuruti ajakan tersebut. Alhasil, hari pertama saya kerja juga menjadi hari pertama nginep di kantor karena teler. Besoknya terpaksa kerja dengan baju kemarin, mulut bau alkohol, dan diketawain orang-orang sekantor. Malu sih…

Kalau diingat-ingat lagi, waktu itu saya berusaha jadi orang yang sok asyik biar punya banyak teman. Padahal gak harus gitu juga.

Nah, selama pengalaman bekerja, saya juga sering memerhatikan perilaku karyawan yang baru masuk. Dan udah pasti tingkahnya beda-beda.

Karyawan Semangat
Via Pexels.com

1. Semangat menggebu

Tipe karyawan yang seperti ini patut diacungi jempol. Semangatnya menjalani hari pertama masuk kantor keliatan banget. Biasanya dia langsung cari tahu semua hal yang perlu dikerjakannya. Dia mempelajari semua file yang ada kemudian membuat rencana kerja ambisius. Demikian semangatnya, kadang malah jadi keliatan grasak-grusuk. Bagus sih, semoga aja semangatnya bukan cuma di awal.

Seorang Pemalu
Via Pexels.com

2. Aku malu...

Buat sebagian orang, bertemu dengan lingkungan baru bukan hal yang mudah. Saya melihat hal itu pada beberapa teman kerja di hari pertamanya ngantor. Kenalan malu-malu, pinjam pulpen malu, nanya malu-malu. Sisi baiknya, biasanya orang-orang seperti ini punya sikap yang sopan. Tapi tunggu aja waktunya, ada kalanya si pemalu berubah jadi orang paling menyebalkan ketika sudah akrab.

Karyawan Santai di Hari Pertama Masuk Kerja
Via Pexels.com

3. Selow kayak di pantai

Ada juga orang yang di hari pertamanya masuk kerja terlihat super santai. Dandannya lebih kasual dari karyawan yang lain. Dia juga terlihat sangat percaya diri sama pekerjaan. Karena terlihat cool, biasanya tipe karyawan seperti ini juga jadi idola cewek-cewek di kantor. Sikapnya yang santai itu bisa jadi karena dia udah punya pengalaman segudang di bidang yang digeluti.

Karyawan Santai di Hari Pertama Masuk Kerja
Via Pexels.com

4. Situ bos?

Gak jarang kita ketemu orang yang gayanya udah kayak bos, padahal posisinya sama kayak kita. Bahkan, sikapnya lebih bos daripada bos beneran di kantor. Saya sendiri kalau ketemu orang seperti ini udah punya jurus jitu buat ngasih pelajaran. Ketika dia bersikap bossy, saya akan menurutinya tanpa memberikan apa yang diminta. Kalau dia nyuruh saya ambil charger, saya kasih dia gelas. Kalau dia suruh saya ambil berkas, saya kasih staples. Dijamin, lama-lama dia bakal sadar sendiri kalau lagi dikerjain dan setop bersikap bossy.

Meeting Kantor
Via Pexels.com

5. Kayaknya pintar

Kaliatannya dia seperti mengetahui banyak hal. Dibuktikan dengan banyaknya ucapan yang diutarakan setiap kali bicara. Pengalamannya juga seolah-olah di atas kita semua. Di hari pertamanya kerja, dia udah melontarkan ide-ide cemerlang walau sedikit mengundang tanya. Tapi jangan mikir negatif dulu, mungkin aja dia memang mampu melakukannya.

Di luar semua itu pasti masih banyak tipe-tipe karyawan di hari pertamanya masuk kerja. Menurut kamu apa yang ketinggalan?

Leave a Reply