Cara Mencari Ide Blog yang Banyak Dicari Orang

Cara Mencari Ide Blog Menggunakan Google Trends

Bikin blog itu gampang, yang sulit adalah mengisinya. Saya pribadi sering kesulitan mendapat ide tulisan. Solusinya, saya menggunakan Google Trends untuk mencari topik yang sedang hangat dibicarakan. Cara mencari ide blog menggunakan Google Trends ini juga mungkin patut kamu coba.

Ada banyak jenis blog di luar sana. Blog yang bagus memang biasanya fokus pada suatu topik atau bidang tertentu. Misalnya otomotif, makanan, atau traveling. Jadi yang dibahas gak ke mana-mana. Tinggal gali aja terus topik atau keyword yang bagus di bidang tersebut dan blog kamu akan dicintai search engine serta pembaca.

Tapi lain cerita kalau blognya terlalu umum, seperti blog pribadi saya ini. Karena gak ada fokus tertentu, saya malah suka bingung sendiri mau ngisi apa. Di sinilah saya biasanya memanfaatkan layanan Google Trends.

Buat yang belum tahu, Google Trends adalah layanan gratis dari Google yang menyajikan deretan topik-topik hangat di internet. Datanya berdasarkan jumlah pencarian yang sedang meningkat di waktu tertentu.

Dari situ mungkin sudah jelas, dengan Google Trends maka kita bisa mendapatkan ide tulisan dengan topik-topik yang sedang diminati banyak orang. Atau bahasa kerennya “riding the wave”.

Cara menggunakan Google Trends

Kamu bisa mengunjungi Google Trends lewat alamat https://trends.google.com/. Untuk melihat topik-topik yang lagi ramai dicari orang, pertama kamu mesti klik icon hamburger di kiri atas hompage kemudian pilih menu “Trending Searches”.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan Google Trends

Nah, di halaman selanjutnya maka kamu akan melihat deretan topik-topik yang pencariannya lagi naik daun di internet. Tapi tunggu dulu, masih ada yang harus kamu lakukan, yaitu menentukan regional pencarian. Dengan begitu, cara mencari ide blog ini menjadi lebih terforkus di satu negara.

Kalau kamu mau cari topik dalam negeri berarti kamu pilih “Indonesia”. Caranya, lihat deretan menu di atas layar dan ganti default “United States” menjadi “Indonesia” atau regional manapun yang kamu mau.

Tampilannya seperti yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Cara Menggunakan Google Trends (1)

Dari situ kamu sudah bisa melihat topik apa aja yang lagi banyak dicari orang. Secara default, Google Trends akan menampilkan data per hari. Untuk melihat data dari hari sebelumnya tinggal scroll aja ke bawah.

Dari pengamatan saya, biasanya topik-topik untuk regional Indonesia didominasi oleh jadwal pertandingan sepak bola atau nama tokoh yang sedang jadi sorotan. Di musim-musim tertentu topik dengan tema lain bisa muncul.

Misalnya menjelang tahun baru kemarin, muncul topik “bumbu ayam bakar”. Atau jangan heran saat menjelang bulan puasa kamu melihat pencarian “niat puasa” kemudian “cara bikin ketupat” ketika saat mau Lebaran.

Selamat mencoba ya!

Leave a Reply