Posko Siaga COVID-19

Posko Siaga COVID-19 di Komplek Perumahan

Selain upaya terpusat yang dilakukan pemerintah, warga juga mulai mengambil inisitatif menaggapi wabah virus korona. Salah satunya dengan mendirikan Posko Siaga COVID-19 di komplek perumahan.

Hal ini yang saya saksikan sendiri di lingkungan tempat saya tinggal di Depok. Posko tersebut berupa tenda sederhana dengan beberapa petugas dari kalangan warga dibantu tenaga keamanan sipil.

Yang saya lihat, tujuan utama Posko Siaga COVID-19 ini adalah memeriksa suhu tubuh mereka yang mau masuk komplek. Termasuk warganya sendiri, seperti yang saya alami siang itu.

Begitu masuk komplek sepulang dari kantor, terlihat tenaga keamanan menghampiri motor saya. Dia mengutarakan maksud dan tujuannya dengan sopan. Saya mengikuti apa yang disarankannya.Memarkir motor saya lalu buka helm.

Kemudian seorang pemuda memeriksa suhu tubuh saya menggunakan thermo gun. Hasilnya 36,2 derajat selsius. Kemudian petugas lain yang berada di meja mencatat nama, alamat, dan asal serta tujuan saya saat itu.

Posko Siaga COVID-19

Sebelum mempersilakan saya lanjut jalan, ia menawarkan hand sanitizer. Setelah melewati screening kecil-kecilan itu saya mendapat secarik kertas berisi beberapa informasi, seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas.

Saya pribadi salut dengan petugas-petugas itu. Dalam kondisi seperti ini mereka masih mau meluangkan waktu dan tenaganya untuk kegiatan sosial. Apalagi kalau dipikir-pikir aktivitas mereka itu menyimpan risiko bagi kesehatannya.

Saya sih yakin mereka gak dibayar. Kalau pun menerimanya mungkin jumlahnya gak seberapa. Semoga saja pemerintah setempat gak menutup mata. Dan bisa kasih dukungan memadai untuk upaya seperti ini.

Baca juga:

Leave a Reply